MENGGAPAI MA’RIFATULLAH


Allah Maha Melindungi merupakan salah satu nama Allah yang baik atau yang biasa disebut asmaul husna. Allah menciptakan ketegangan kepada manusia sebenarnya  agar menemukan perlindungannya. Allah melindungi orang-orang yang beriman, dengan menerangi kegelapan menuju cahaya iman. Suatu hal perlindungan Allah yang paling nikmat adalah diberi keteguhan iman. Pertolongan Allah juga berupa menjauhkan orang beriman dari apa yang diinginkan, karena Allah mengetahui bahwa yang diinginkan itu adalah perbuatan yang dapat menjauhkan dari-Nya. Perlindungan yang diberikan Allah harus kita sikapi bahwa apapun yang terjadi itulah yang terbaik menurut Allah.

Sangatlah beruntung bagi orang-orang yang berhasil mengenal Allah. Nikmat mengenal Allah merupakan suatu kenikmatan yang didambakan dibandingkan kenikmatan yang lain. Bagi orang yang tidak mengenal Allah maka akan selalu meributkan masalah dunia hingga sampai-sampai mengorbankan kemuliaannya. Orang yang bersungguh-sungguh dan selalu mendekatkan diri kepada Allah, maka Allah juga akan mendekatkan kepadanya. Sebagaimana dijelaskan  didalam hadits Qudsi yang berbunyi, jika seorang hamba mendekat sdejengkal, maka Allah akan satu depak, jika kita sedepak, maka Allah satu hasta, kalau kita berjalan kearah Allah, maka Allah akan berlari-lari kecil.

Jadi semua memiliki peluang untuk mendekatkan diri kepada Allah, syaratnya Adalah dengan bersungguh-sungguh kepada Allah. Sempurnakanlah sekecil apapun bentuk pengabdian kita kepada Allah, walaupun hanya bisa melakukan yang kecil tetapi kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Contohnya seperti shalat jagan telat harus tepat waktunya, menjaga kerapian ketika hendak melaksanakan sholat, mencari shaf paling depan ketika masuk masjid untuk melaksanakan ibadah sholat. Seperti para sahabat nabi mereka berebut shaf terdepan.

Marilah mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan suatu hal kebaikan yang kecil-kecil terlebih dahulu, hal besar yang baik adalah rangkaian dari beberapa hal-hal kecil yang baik. Maka jangan langsung mengharapkan yang besar, karena sekecil apapun maka tetap akan sempurna perhitungannya oleh Allah. Perbaikilah shalat dimulai dengan wudhu dengan sempurna, dari wudhu hingga menjelang shalat berdzikirlah, selalu mengingat Allah dan mintalah padanya agar diberikan nikmat shalat yang khusyuk. Dengan memakai wangi-wangian, bila perlu bersiwak terlebih dulu. Berusaha sempurnakan shalat kita, agar mendapat kenikmatan dalam shalat yang kita kerjakan. Ketika keluar dari masjid dengan berdesak-desakan dapat dijadikan sebagai lading amal dengan mendahulukan orang yang lebih tua dari kita, ketika telah kehilangan sandal cepat beristigfar dan selalu berbaik sangkalah, jangan malah berburuk sangka atau malah menfitnah orang lain yang belum tentu benar akan dugaan itu.

Semua kejadian baik yang sudah terjadi dan yang belum terjadi telah Allah atur dengan perhitungan Allah yang Maha Sempurna. Ketika suatu saat kita kelebihan membayar uang ongkos bus, lebih baik kita ikhlaskan, jangan sampai hati kita menjadi dongkol. Harus ikhtiar dengan menyempurnakan setiap kejadian yang terjadi, celaka atau tidak itu merupakan urusan Allah. Setiap langkah kaki kita melangkah jadikanlah amal untuk bekal di kehidupan yang abadi kelak. Berdzikirlah supaya engkau beruntung. Jangan sempai hati ini penuh kebencian. Setiap kita punya musuh, kotorlah hati kita. Biarkan saja uang berkurang tapi hati tidak miskin.

Oleh: Efriyandi
Kader HMI Cabang Palembang

Posting Komentar

1 Komentar