SEJARAH HMI CABANG PALEMBANG


Sejarah HMI Cabang Palembang
Proses berdirinya HMI Cabang Palembang merupakan inisiatif dari dua orang mahasiswa Palembang yang juga merupakan pendiri HMI pertama di Yogyakarta yaitu: Dahlan Husein dan Siti Zaenah keduanya adalah mahasiswa yang berasal dari Palembang. Alasan mendirikan HMI di Palembang yaitu melihat daerah seperti Solo, Medan, Klaten sudah berdiri HMI dan Di palembang pada saat itu sudah ada perguruan tinggi Syakyakirti, maka didirikanlah HMI Cabang Palembang pada tanggal 7 April 1954 sesuai dengan keputusan PB HMI dengan status anak cabang karena pada saat itu anggota HMI yang ada di Palembang hanya 7 (tujuh) orang, sedangkan untuk mendirikan cabang penuh anggotanya harus 15 orang.
Pada tanggal 15 Oktober 1955 di sebuah ruangan Syakyakirti (sekarang ruang Fakultas Hukum di Bukit Besar UNSRI) pada pukul 10.00 WIB karena pada saat itu jumlah anggota sudah menjadi 15 orang maka diadakan musyawarah anggota dengan agenda pemilihan ketua umum. Maka terpilihlah Rusdhy Cosim sebagai ketua umum. Pada tanggal 13 november 1955 pb HMI mengeluarkan surat keputusan No:007/A/SEK/1955 mengesahkan komposisi kepengurusan HMI Cabang Palembang masa bakti 1955-1956 dengan komposisi sebagai berikut:

Pelindung : PB HMI Jakarta
Penasehat : Bp A. Zaelani
Ketua Umum : Rusdhy Cosim
Wakil Ketua 1 : A. Muthalib Yusuf
Wakil Ketua 11 : Daud Ukabi
Sekretaris : A. Rawi Razid
Sekretrasi II : A. Moch Choesnoen
Bendahara I : Sihabar
Bendahara II : Chodijah Saman
Ketua Seksi-Seksi
Penerangan : Abdulah Sidiq dan A Habinan. TN
Pendidikan : H.A Majid
Perpustakaan : Sudiro

Ada tiga kelompok yang berperan dalam pendirian HMI Cabang Palembang yaitu kelompok yang disebut dengan pemprakarsa pendirian HMI yaitu orang yang pertama kali mempunyai ide untuk mendirikan HMI di Palembang yang terdiri dari : Dahlan Husein dan Siti Zaenah, kelompok kedua disebut dengan pendiri HMI Cabang Palembang yaitu Mahasiswa yang mempunyai peran dalam proses pendirian awal HMI Cabang Palembang serta menjadi anggota HMI Cabang Palembang Yang pertama. Pendirian HMI Cabang Palembang merupakan sarana untuk mengabungkan pendidikan yang bersifat umum dan bersifat keragaman agar tidak ada lagi pertetangan (corak pendidikan Unsri dan IAIN Raden Fatah Palembang) serta sarana untuk membekali mahasiswa dalam hidup bermasyarakat.

Posting Komentar

0 Komentar